Obat Kusta

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dan menyerang kulit, saraf tepi, dan jaringan tubuh yang lainnya. Beberapa stigma atau anggapan yang salah mengenai penyakit kusta banyak terjadi di masyarakat. Ingatah bahwa :

- Kusta merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri
- Kusta bukanlah penyakit keturunan
- Kusta bukan terjadi karena kutukan atau melakukan perbuatan tertentu
- Kusta tidak ditularkan melalui makanan

Kusta disebabkan oleh bakteri yang bernama Mycobacterium leprae. Oleh sebab itu, penyakit kusta disebut juga penyakit lepra. Cara penularan penyakit kusta, adalah :

- Semua orang bisa tertular penyakit kusta
- Cara penularannya melalui sentuhan atau kontak
- Sebesar 5% orang yang dapat tertular penyakit kusta

Penyakit kusta yang disebabkan Mycobacterium leprae ini, jika lama diderita akan mengakibatkan kecacatan. Pada umumnya kusta tidak menimbulkan gejala. Tetapi seperti yang telah dijelaskan di awal, terdapat kelainan berupa bercak berwarna putih dan kemerahan. Kadang orang hanya menganggap enteng karena bentuknya mirip panu.

Bila terkena kusta, akan terjadi penurunan sensitivitas rasa sentuh sampai hilangnya rasa. Bagian yang terkena tidak terasa gatal ataupun sakit. Kusta yang tumbuh di beberapa lesi kulit akan mengakibatkan bulu-bulu halus akan rontok atau tidak dapat ditumbuhi bulu karena telah digerogoti oleh bakteri leprae. Kulit yang terpapar kusta tidak akan mengeluarkan keringat.

Penyakit kusta dibagi menjadi penyakit kusta kering dan kusta basah. Obat untuk menyembuhkan kusta tersedia secara gratis di Puskesmas. Nama obat untuk kusta adalah MDT. Bila menemukan tanda-tanda penyakit kusta segeralah memeriksakan diri. Mereka yang terkena kusta tak perlu merasa malu untuk memeriksakan diri dan kondisi penyakit kusta yang diderita. Bila penyakit kusta ditemukan sejak dini, kusta dapat disembuhkan dan tidak sampai menimbulkan kecacatan pada tubuh yang menyebabkan mati rasa karena bakteri menyerang saraf penderita penyakit kusta.

Selain pengobatan yang dilakukan dengan pengobatan medis. Pencegahan akan penyakit kusta juga diperlukan dan memang harus dilakukan agar penyakit kusta tak semakin menyebarkan virus atau bakteri dan tentunya terhindar dari penyakit kulit menular ini, meski penularannya terbilang memerlukan waktu lama.

Pencegahan dari penyakit kusta yang mudah dilakukan adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, menwaspadai perubahan pada kulit dapat dikenal sejak dini dan diobati. Penyakit kusta dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati sejak dini. Pengobatan untuk kusta kering membutuhkan waktu selama 6 bulan, sedangkanya pengobatan untuk kusta basah perlu waktu selama 12 bulan.

This entry was posted in Obat Kusta and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>